SECOND LANGUAGE ACQUISITION
TEACHER TALK
ASSIGNMENT
By
ELVINA PUTRI SETIAWAN
0743042009
ENGLISH EDUCATION
LANGUAGE AND ART DEPARTMENT
TEACHER TRAINING AND EDUCATION FACULTY
UNIVERSITY OF LAMPUNG
BANDAR LAMPUNG
2010
SLA ASSIGMENT
TEACHER TALK
Time : 08.03 – 09.00
Date : Monday 1st November 2010
Teacher : Ms. Rini
Childrens : Fitri, Claudia,Caesa, Dista, Wulan, Elang, Reihan, Nofal, and
Sendy.
Location : Smart kids Kingdergarten, Gedung Meneng Rajabasa Bandar Lampung
Total seluruh murid nya berjumlah 10 orang tapi yang hadir 9 orang.
Activitas di dalam kelas ketika guru mengajarkan murid- murid nya.
Activitas:
Guru akan membagikan buku pelajaran kepada murid nya.
Teacher : ayo siapa yang mau membantu miss membagikan buku ke teman- teman kalian.
Childrens : ( semua anak-anak mengangkat tangan dan bilang)
saya miss saya, saya miss saya.
Teacher : ok. Karena minggu lalu Claudia udah, wulan udah sekarang mas noval
Noval : (langsung kedepan kelas dan menggambil buku pelajaran untuk dibagikan ke temen-temen yang lain nya.
Elang : ada Mr baru, Mr mas noval ( semua murid-murid tertawa)
Teacher : raihan, raihan, raihan
Raihan : (tetap berjalan- jalan dan menggangu teman yang lain walaupun sudah ditegor guru nya)
Claudia : halaman berapa miss?
Teacher : open your book on page fourty?.(bertanya kepada murid-murid nya) berapa fourty?
Childrens : empat puluh
Teacher : empat puluh
Raihan : waduh banyak banget miss
Teacher : page fourty, sambil membagikan pensil kepada semua murid-murid nya
childrens : (murid-murid teriak) sarden, sarden
Teacher : coba donk kita baca perintah nya, apa ya perintah nya?perintah nya apa? Berapa kaleng ikan sarden dibuku?ada ngak gambar nya?
Claudia : Ada lima miss
Teacher : kita hitung dulu
Childrens : ya ada lima
Teacher : ya ada lima. Dibawah ada perintah nya lagi. Tuliskan jumlah nya pada tempat yang tersedia, dimana tempat nya?
Childrens : dilingkaran.
Teacher : nah tulis lima ya dilingkaran.(guru mendatangi caesa karna dia salah membuka halaman buku) nah page fourty.
(kemudian dia mendatangi nofal dan bertanya). Ada berapa sarden nya? Coba dihitung lagi?
nofal :satu,dua,tiga,empat,lima. Ada lima.
Teacher : coba raihan.
Raihan : ada lima.
Teacher : coba dihitung.
Raihan : satu,dua,tiga,empat,lima.
Teacher : (guru mendatangi fitri,karna salah membuka halaman dan bilang)
Page fourty. (Sambil membuka halaman yang benar).
Claudia : Miss, fitri pakek pena?( mengadu kepada guru nya)
Teacher : ngak pakek pena, pakek pensil fitri.
Raihan : iyalah
Teacher : nah dalam kotak itu ada apa aja sih, tau ngak?
Childrens : nelayan
Claudia : fish
Teacher : terus apa lagi?
Childrens : fish
Teacher : that’s right,terus apa lagi?
Childrens : sarden
Teacher : iya ada nelayan, ikan, dan sarden. Siapa yang suka makan sarden?
Childrens : (semua menggangkat tangan dan bilang) saya, saya.
Teacher : rasa nya apa?
Children s : pedes
Teacher : enak ngak?
childrens : enak
Wulan : miss, miss, rina udah selesai
Teacher : ya, rapikan dulu pensil nya, dan ambil pewarna nya ya?
Childrens : berdesak- desakkan dan menggambil pewarna gambar
Raihan : (berlarian pada waktu mewarnai gambar)
Teacher : raihan ngak boleh kayak gitu, ayo kerjakan
Elang : miss aku mau sarden nya warna-warni
Teacher : boleh.(berbicara kepada semua murid nya). Biar rapih warna nya ngak keluar garis ya?.(sambil mendatangi fitri)belum selesai? Finish?
Fitri : (diam saja sambil mewarnai)
Teacher : (mendatangi noval). Finish mas noval?
Noval : (diam saja smbil mewarnai)
Fitri : (tiba-tiba jalan dan membuka pintu, terus keluar kelas).
Teacher : nanti fitri
Fitri : (kembali lagi kedalam ruangan)
Teacher : nah kita liat lagi ada gambar apa disana? Ada gambar apa disana ? coba liat dulu.
Noval : anin
Teacher : itu ada nama loh, siapa ya nama nya?siapa itu?
Childrens : karlan
Teacher : karlan atau Harlan? Harlan. Harlan sedang bingung mencari alat mandi. Alat mandi itu apa saja ?
Childrens : odol
Teacher : odol, apa lagi?
Childrens : handuk
Teacher : apa lagi?
Childrens : sikat gigi
Teacher : terus apa lagi?
childrens : gayung
Teacher : terus apa lagi?
Childrens : air
Teacher : ada odol, sabun, sikat , handuk.(bertanya kepada semua murid nya) odol bahasa inggris nya apa?
Noval : toothpaste
Teacher :ok, good. Toothpaste. Kalo sabun?
Claudia :soap
Teacher ;ok, good. Soap. Kalo handuk?
Childrens :ngak tau
Teacher :kok ngak tau?bahasa inggris nya towel, kalo sikat?
Noval :toothbrush
Teacher :yes,good. Toothbrush.
Disini ada apa lagi ya?bantu lagi ya untuk menemukan alat mandi.mau ngak Bantu Harlan?
Childrens :mau
Teacher :coba kita Bantu Harlan untuk menemukan alat mandi nya. Carilah garis putus-putus dibawah ini. Kita cari dulu jalan buat menemukan alat mandi nya. ayo cari jalan nya?
Raihan : (tidak menggerjakan tapi lari-lari di depan kelas)
Teacher :ayo raihan cari jalan nya yang benar.
Fitri :miss, jatoh
Teacher : apa nya yang jatoh?
Fitri : penghapus nya
Teacher :coba cari dulu
Raihan : udah miss
Teacher :dibantu Harlan nya, ada sabun, odol, sikat, handuk, udah ketemu jalan nya?finish? udah semua?
Childrens : udah, udah selesai
Noval +caesa : (bernyayi didalam kelas)aku adalah anak gembala selalu riang serta gembira
Teacher : boleh nyanyi nya mas tapi jangan teriak- teriak ya?
Fitri : miss, penghapus?
Teacher : tarok dimana tadi penghapusnya?
Fitri : ngak ada
Teacher : masak ngak ketemu? Ini penghapusnya. Duduk yang bener fitri?
Claudia : miss, fitri belum selesai?
Teacher :ayo fitri, temen nya udah selesai semua, katanya mau makan? Duduk nya yang bener?
Fitri :( fitri hanya diam sambil mewarnai)
Nofal : miss, laper
Teacher : nanti donk, nanti
Claudia : miss, aku ke depan ya sama nofal
Teacher : ya, tapi ngak berantem ya?
Claudia :( menganggukkan kepala dan berjalan kedepan)
Teacher : ayo fitri pasti bisa kok, duduk nya yang bener ya?
Fitri : ( sambil mengerjakan, dan akhirnya meletakkan pensil dan mau maju kedepan)
Teacher : ntar dulu fitri miss check dulu udah selesai belum.
O ya udah selesai.
Childrens : (semua murid maju kedepan dan berdesak-desakkan)
Teacher : ayo semua nya kembali ketempat duduk masing-masing dan bukunya dirapikan. Nanti gambar satu-satu ya kedepan. Bukunya dirapikan, dirapikan dimana?
Childrens : (semua langsung menuju ke rak buku dengan berdesak-desakkan)
Teacher : satu-satu. One by one. Bergantian.
Childrens : aku dulu, aku dulu.
Teacher : makanya gantian, raihan,raihan, fitri, ngak boleh dorong-dorongan ya?
Setelah semua murid-murid duduk di tempat duduk masing-masing tiba-tiba fitri kaki nya diatas meja.
Teacher : fitri kaki nya ngak boleh diatas meja ya? Cepet turunin dibawah
Noval : iya meja itu untuk nulis, kursi untuk pantat , kaki dilantai.
Fitri : ( fitri langsung menurunkan kaki nya)
Kemudian Guru meminta murid-muridnya untuk menggambar di papan tulis, guru menunjuk murid yang duduknya paling rapi untuk menggambar terlebih dahulu.
Teacher : Ok nice seat down please!
Childrens :( Murid- murid langsung merapikan duduknya)
Teacher : Elang (guru memanggil )
Elang : ( kemudian elang maju kedepan dan menggambar dipapan tulis)
Teacher : Elang mau gambar apa?
Elang : mobi
Teacher : ya gambar mobil
Elang : (langsung menggambar mobil dan setelah itu ia duduk kembali)
Teacher :( guru menunjuk satu persatu sampai muridnya sampai habis)
Claudia : (Tiba- tiba Claudia menangis dan maju kedepan mengadu kepada guru nya), miss fitri nakal.
Teacher : Diapain?
Claudia : Dicubit(sambil mengusap air matanya)
Teacher : Fitri say sorry sama Claudia
Fitri : (Namun Fitri hanya diam dan tidak mau mengucapkan maaf kepada Claudia)
Teacher : Yasudah kalau gak mau minta maaf sama Claudia di hukum
gak boleh gambar didepan.
Fitri : (Fitri hanya diam)
Sendy : Miss laper(dengan tiba-tiba)
Teacher : Ya nanti buka bekalnya.
Noval+Rehan : Miss laper
Teacher : Ya diselesaikan dulu ya gambar nya (dan setelah selesai semua menggambar dipapan tulis mereka dengan tertib membuka bekal masing-masing)
CONCLUSION
The conclusion is the teaching learning process in the smart kids Kindergarten is suitable as teacher talk, because in the Kindergarten have some characteristics that is suitable in the second language acquisition books. According to Wong-Filmore(1985) there are some characteristics of teacher talk, the characteristic are:
- The talk has clear separation of languages ( no alteration or mixing)
e.g.: In the teaching learning process, the teacher has been clear to explain the material for the students
- The talk emphasize on comprehension, it focuses on communication by:
a. Use of demonstration, enactment to convey meaning
b. New information presented in context of known information
c. Heavy massage reduncy
- The language used is entirely grammatical, appropriate to the activity by:
a. using simple structure, avoiding complex structures
b. Repeating the use of some sentence patterns or routines
c. Using repetitiveness, using paraphrase from variation
- The talk use tailoring of elicitation questions to allow for different levels of participation from students.
- The talk has richness of language use, going beyond books, playfulness.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar