Senin, 10 Januari 2011

WAYAN KARANG YANA / 0713042051 TEACHER TALK

SECOND LANGUAGE ACQUISITION
TEACHER TALK

By: Wayan Karang Yana
0713042051







ENGLISH STUDY PROGRAM
DEPARTMENT OF LANGUAGE AND ART EDUCATION
TEACHER TRAINING AND EDUCATION FACULTY
LAMPUNG UNIVERSITY
2010


Percakapan antara guru dan murid-murid di PAUD Kedaton.
Lima menit pertama
Ibu guru mengajar dikelas pada pagi hari.
Guru : selamat pagi anak-anak
Murid : selamat pagi ibu guru…..
Guru : nah,, hari ini kita akan belajar mengenal warna…..
Murid : hore…..hore ( ribut )
Guru : baiklah… tenang ya semuanya. Ibu mau bertanya…. Ada yang tau warna pelangi?
Murid : ( murid-murid menjawab dengan ramai dan jawaban yang bervariasi)
Merah bu…
Kuning dan merah bu
Kuning hijau bu guru dst.
Guru : ya ya….! ( guru menenangkan) jadi warna pelangi itu adalah merah, kuning dan hijau. Ayo ikuti ibu ya… merah….. kuning……hijau…. ( murid-murid mengikuti).
Murid : hore….bener….bener..
Aku suka warna hijau ( salah satu murid berbicara pada temannya, alif namanya)
Guru : alif kamu suka warna hijau?
Alif : ya bu guru, alif suka warna hijau muda
Guru : kalau dian suka warna apa?
Dian : dian suka warna kuning bu guru.
Guru : anak-anak, siapa yang suka warna kuning?
Murid : saya bu… saya bu ( beberapa anak menunjuk tangan mereka dan suasana menjadi ribut sekali, anak –anak saling mengutarakan warna kesukaannya.
Saya suka warna biru
Saya suka warna orange
Aku merah dst.

Guru : baik anak-anak…sekarang kita akan bermain tebak-tebakan warna ya. Ibu punya beberapa kertas warna ( menunjukkan kepada anak-anak). Kalian tebak ya?
Guru : baiklah ,,,, ini warna apa anak-anak?
Murid : hijau bu guru ( kata beberapa anak)
Hijau muda Bu….
Guru : ini warna hijau. Kalau ini warna apa?
Murid : merah hati ( kata seorang anak)
Merah jambu bu guru
Merah muda bu…
Guru : ini warna merah. Bagaimana dengan yang ini..?
Murid : aku tau bu guru. Kuning
Melisa : bu guru. Bu guru. Warna topi lisa kuning bu.
Guru : Iya, topi melisa warna kuning. ( anak-anak ribut)
Murid : mawan juga suka warna kuning. Sepatu mawan dirumah warna kuning.
Guru : baiklah anak-anak, sekarang kita bernyanyi pelangi. Setuju?
Murid : setuju bu…? ( beramai-ramai)
Guru : (guru menyanyi dan anak-anak mengikuti)
Pelangi-pelangi alangkah indah mu
Merah kuning hijau dilangit yang biru
Pelukis mu agung siap gerangan
Pelangi-pelangi ciptaan Tuhan.
Guru : sekarang kalian nyanyi lagi ya,1.2.3
Pelangi-pelangi alangkah indah mu
Merah kuning hijau dilangit yang biru
Pelukis mu agung siap gerangan
Pelangi-pelangi ciptaan Tuhan.
Guru : ya..ya bagus. Sekarang ada hadiah buat kalian. Siapa yang bias menebak,nanti akan ibu berikan hadiah…!
Murid : hore..hore.
Alif mau hadiah bu
Dian mau juga bu
Mau bu ….!!! ( anak-anak ribut lagi)
Guru : ya…ya. Tapi harus bias jawap pertanyaan ibu ya?
Murid : iya bu…
Tiba-tiba ada anak yang betanya


Hadiahnya apa ya bu?
Guru : jawab dulu pertanyaan nya ya…
( rekaman pertama berakhir)


















5 Menit kedua:
Guru : anak-anak coba tebak apa warna bendera Negara kita Indonesia? Siapa yang bias?
Murid : saya bu, saya bu ( beramai-ramai)
Merah putih.
Putih dan merah
( anak-anak menjawab dengan suasana ribut)
Guru : sabar ya anak-anak. Yang bisa boleh tunjuk tangan dan nanti baru boleh menjawab.
Alif : alif bu.,,
Guru : ya alif. Ini warna apa?
Murid : merah bu.
Guru : ya alif benar.. maka alif dapat hadiah coklat dari ibu. ( memberikan coklat kepada alif).
(Tiba-tiba ada anak yang ingin buang air kecil ketoilet)
Murid : bu linda mau pipis bu.
Guru : linda kamu mau pipis?
Linda : iya bu.
Guru : ayo ibu antar ketoilet. Anak-anak kalian tunggu disini ya. Dan jangan ribut ya.
Murid : ya bu ( beramai-ramai)
( saat ditinggal oleh Gurunya anak-anak bermain-main dengan kawan disebelah mereka



(setelah guru kembali dari mengantar linda, dia meminta anak-anak supaya duduk rapi kembali dimeja mereka masing-masing.)
Guru : anak-anak duduk lagi yang rapi ya.
Murid : bu guru. Wahyu juga mau hadiah coklat.
Ya bu. Aku mau juga. (dengan suara agak keras)
Guru : iya sabar ya. Nah sekarang kita mulai lagi tebak-tebakannya. Setuju?
Murid : setuju bu…..
(Anak-anak menjawab beramai-ramai)














My analysis
It seems to me that in this teacher talk, there are some characteristics shown by the teacher. The teacher seems to emphasize on comprehension, she focuses on communication by using the demonstration like” ya” in her every sentence. It aims to make the student able to follow her and maintain the flow of communication she also uses the enactment to convey the meaning.
In this way, the teacher is using a very creative way in teaching. As a matter of fact, it can be seen from the way of delivering the language. The language used by the teacher is enjoyable for the students and appropriate for them. The teacher seems often to use the simple sentences and avoiding the complex sentence. It can be seen from the dialogue above that the teacher always use the simple present tense and tries to make it very simple and understandable.
It also seems that the teacher usually uses the repeating of some sentence pattern just for example the dialogue above, she usually uses word, “setuju” “ baiklah”. It makes the students more aware of new word or information brought by the teacher. It aims to nicely maintain the understanding of the students of the material delivered by the teacher.
I would say that in this teacher talk, it differs from speech in other contexts, but the differences are not systematic. The adjustment in teacher speech based on the dialogue above to the students is aimed to maintain the flow of the communication, clarifying the information, and eliciting learner’s response.
The teachers sometimes modifies her speech, for example like simple vocabulary, change the frame of the sentence. It is just like the sentence used above: “coba tebak”. It aims to enable the student to understand the message and maintain the conversation running well.




I also find that the teacher often uses the gestures to make the make the message easily delivered to the students. It can be seen when she asks the student to have a such game of colour. She uses some gestures to convey the message. The teacher tries to use any creative way to make her teaching successful. It is very interesting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar