Minggu, 09 Januari 2011

Y ALVIN NOPAN S. 0743042047 "BABY TALK"

SECOND LANGUAGE ACQUISITION
TEACHER TALK
ASSIGNMENT

By
Y. ALVIN NOPAN S.
0743042047













ENGLISH EDUCATION
LANGUAGE AND ART DEPARTMENT
TEACHER TRAINING AND EDUCATION FACULTY
UNIVERSITY OF LAMPUNG
BANDAR LAMPUNG
2010


SECOND LANGUAGE ASSIGNMENT
TEACHER TALK
IN XAVERIUS KINDERGARTEN

Time : 08.00 – 09.00
Date : Thursday 28th October 2010
Teacher : Ms. Eka
Location : Xaverius Kingdergarten, Way Halim, Bandar Lampung

This is the interaction between students and the teacher while the teaching process was happening.

Teacher : selamat pagi anak- anak

Childrens : selamat pagi bu guru (with their happiness and impassion)

Teacher : good morning children
Childrens : good morning Mam.
Teacher : ayo semuanya duduk, sit down please (guru mencoba menenangkan beberapa murid yang masih berjalan- jalan di dalam kelas)

Teacher : anak- anak tadi sudah sarapan belum?
Students : sudah bu guru,
Teacher : tidak lupa bawa bekal kan?
Students : tidak bu guru, (beberapa sambil menunjukkan kotak makanan dan minuman mereka)

Adit (student) : bu guru, bu guru, adit mau pipis (sambil menunjukkan jarinya ke atas)
Teacher : ya, tolong rangga temani adit ya
Adit dan rangga: (mereka berdua pergi menuju toilet)

Teacher : anak- anak hari ini kita belajar tentang makanan (smbil menunjukkan flash card bertuliskan “FOOD”), ada yang tahu apa bahasa inggrisnya makanan?

Childrens : (beberapa anak kebingungan dan yang lainya berbicara kepada temanya)
Teacher : bahasa inggrisnya makanan itu “FOOD”, coba ulangi kata ibu, FOOD!
Students : Fut! (semua anak mengikuti perkataan gurunya dan ada pula yang tertawa)
Teacher : coba ulangi lagi.... FOOD! (sambil menuliskan “FOOD” di papan putih)
Students : “food”... (semua anak membaca tulisan di papan tulis)
(adit dan rangga kembali kekelas)

Teacher : ayo adit dan rangga ikuti ibu, “FOOD”

Students : Food!! (Semua anak menjawab)

Teacher : very good
Teacher : sekarang ibu akan membagikan gambar- gambar makanan, ayo siapa yang mau bantu ibu?

childrens : aku aku saya bu (sebagian besar anak mengacungkan jarinya)

Teacher : ayo silvy tolong bantu ibu membagikan ke teman- teman

(Silvy lalu maju dan mengambil beberapa gambar makanan dan anak- anak yang lain berebut untuk mendapatkan)

Teacher : anak- anak sudah dapat semua belum
Childrens : sudah bu

(beberapa anak tidak memperhatikan karena asik melihat gambar- gambar tersebut)

Teacher : ayo anak- anak semuanya perhatikan bu guru
(beberapa anak masih asik sendiri melihat gambar lain milik temanya)

Teacher : ayo silvy coba kedepan
(kemudian silvy kedepan)

Teacher :ayo coba kasih tau temen- teman ini gambar apa

Silvy : gambar roti bu
Teacher : pinter, bahasa inggrisnya roti itu “BREAD”
Ayo anak- anak yang lain ikuti ibu “BREAD”
Students : bret (beberapa anak sambil tertawa dan beberapa ada yang tidak memperhatikan)

Teacher : ayo sekarang silvy tulis di papan tulis bahasa inggrisnya roti (guru sambil menunjukkan tulisan dibawah gambar kemudian silvy mulai menulis)

Teacher : terima kasih silvy, sekarang silvy boleh duduk

Nana : bu guru, aku dapat gambar nasi!

Teacher : (guru mendatangi nana) anak- anak ada yang tau bahasa inggrisnya nasi?
Adit : saya tau bu, Rice
Teacher : good, ayo anak beri tepuk tangan untuk adit
Students : semua anak bersorak gembira
Tomi : bu, saya mau mewarnai
Teacher : ya baik, anak- anak siapa yang mau mewarnai
Students : saya, saya, saya bu( semua anak mengacungkan jarinya)
Baik : sekarang kalian boleh mewarnai gambar kalian masing- masing
Students : hore (anak- anak langsung sibuk mengambil pensil warnanya masing masing dan mulai mewarnai)

Teacher : ayo anak- anak jangan ribut ya, jangan lari lari, ayo rangga duduk, sit down please! ( guru mencoba menenangkan kelas yang masih ribut)

Rangga : bu dani nakal
Teacher : kenapa rangga
Rangga : dani ngambil pensilku bu
Teacher : ayo dani jangan nakal, kembalikan pensilnya rangga

(dani tetap tidak peduli dia asik mewarnai)
CONCLUSION

The conclusion is the teaching learning process in the Xaverius Kindergarten is suitable as teacher talk, because in that Kindergarten have some characteristics that is suitable in the second language acquisition books. According to Wong-Filmore(1985) there are some characteristics of teacher talk, the characteristic are:

1. The talk has clear separation of languages ( no alteration or mixing)
e.g.: In the teaching learning process, the teacher has been clear to explain the material for the students

2. The talk emphasize on comprehension, it focuses on communication by:
a. Use of demonstration, enactment to convey meaning
b. New information presented in context of known information
c. Heavy massage reduntcy

3. The language used is entirely grammatical, appropriate to the activity by:
a. using simple structure, avoiding complex structures
b. Repeating the use of some sentence patterns or routines
c. Using repetitiveness, using paraphrase from variation

4. The talk use tailoring of elicitation questions to allow for different levels of participation from students.

5. The talk has richness of language use, going beyond books, playfulness.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar