Kamis, 16 Desember 2010

HARITS SETYAWAN 0743042012

  AN ANALYSIS OF TEACHER TALK IN TAMAN KANAK-KANA AL-DZAKI KAMPUNG SRIBASUKI


NAME                            : HARITS SETYAWAN
NPM                              : 0743042012
PROGRAM STUDY      : S1 ENGLISH NR’07
SUBJECT                       : SLA


Unila Warna 2.jpg
 






UNIVERSITY OF LAMPUNG
2010

TABLE OF CONTENTS

PREFACE                                                                   ……………………………………. 

DETAIL INFORMATION OF RECORDING            …………………………………….

TEACHER TALK                                                       …………………………………….

SCRIPT                                                                       ..…………………………………..

THE ANALYSIS OF TEACHER TALK                     ......……………………….………

                                                                PREFACE
Praise Almighty God, Allah SWT for its mercy, the writer eventually can finish this assignment entitled “An Analysis of Teacher Talk in Taman Kanak-Kanak Al-DZAKI Kampung Sribasuki”. This assignment is presented as a partial fulfillment for subject SLA.
First of all, I would like to express my deep gratitude to my lecturer, Hery Yufrizal, M.A.,Ph.D. He has given his knowledge, time, guidance, suggestion, and advice which are very beneficial for the writer in writing this assignment.
I also want to express my appreciation to Mrs. Kristina Dewi as the vice headmaster of Taman Kanak-Kanak AL-DZAKI kampung Sribasuki for giving me permission to conduct this research  in the school. Students of Taman Kanak-Kanak Al-DZAKI kampong Sribasuki for their cooperation and participation in the research.
Afterwards, I dedicate a great gratitude to my parents who keep supporting, motivating, and always waiting for my graduation.
Last but not least I addressed my gratitude  to my friends, students from English NR’07, for motivating me to be better.


Bandar Lampung, October 2010

Harits Setyawan




DETAIL INFORMATION OF RECORDING

Date of Recording        :           November, 23th 2010
November, 30th 2010
School                          :           Taman Kanak-Kanak AL-DZAKI
         Kampung Sribasuki
         Kecamatan Kalirejo
 Kabupaten Lampung Tengah
Teacher                        :           Mrs. Kristina Dewi
(a teacher wearing a white head cover in the recording)












SCRIPT
Anak-anak berserta guru-guru sedang mengadakan jalan sehat.
Mrs. Kristina Dewi       :           Iya, jalan sama ibu. Yuk, sini.   (berbicara dihadapan anak-anak)
Nanti tunggu disitu. Tunggu..    (berbicara dihadapan anak-anak)
Nanti, nanti nak..                         (berbicara dihadapan anak-anak)
Pelan-pelan ya, jangan lari-lari. (berbicara dihadapan anak-anak)
Setelah acara  jalan sehat selesai, anak-anak belajar bersama didalam sebuah ruangan.
 Mrs. Kristina Dewi      :           Sebelum kita belajar, kita membaca doa. Doa mau belajar.
Ini hari apa anak-anak? Iya, karena ini hari sabtu, kita tidak belajar seperti biasanya didalam kelas. Kita belajar diluar kelas ya..
Tepuk kuda!                 (guru and murid menepuk tangan mereka)
Tepuk ganda!               (guru and murid menepuk tangan mereka)   
Tepuk anak shaleh!       (guru and murid menepuk tangan mereka)
Mrs. Kristina Dewi       :           Sekarang anak-anak belajar berhitung ya.. berhitung 1 sampai 20!
                                                Ulangi lagi. Berhitung 1 sampai 20!
(guru dan murid berhitung 1 sampai 20)
Mrs. Kristina Dewi       :           Ada berapa hari dalam 1 minggu anak-anak?   (murid menjawab)
                                                Iya, pintar.  
                                                Sekarang sebutkan rukun islam ada 5!
                                                (guru dan murid menyebutkan rukun islam)
Sekarang sebutkan pancasila!
Mrs. Kristina Dewi       :           Sekarang siapa yang berani maju?
Sekarang yang duduk dibelakang ya..
(anak-anak yang duduk dibelakang tidak mau ke depan kelas)
Coba sekarang Dila maju..
O ini, ya udah..             (seorang siswa telah berdiri didepan kelas)
Mrs. Kristina Dewi       :           Siapa namanya?
                                                (kemudian anak tersebut menyebutkan pancasila)
                                                Tepuk tangan!
Mrs. Kristina Dewi       :           O, sekarang Ayu..
                                                Sini, topinya bernerin dulu.
                                                Berhitung 1 sampai 20!             (murid berhitung 1 sampai 20)
Mrs. Kristina Dewi       :           Iya, nanti gentian maju. (murid lain maju didepan kelas)
                                                Sekarang duduk dulu..
                                                Berhitungg 1 sampai 20!           (murid berhitung 1 sampai 20)
                                                Iya, pinter..
Kegiatan yang sama berlangsung sampai beberapa kali.
Mrs. Kristina dewi        :           Ayo, sebelum makan kita berdoa dulu..  (guru dan murid berdoa)
Setelah selesai makan, anak-anak beristirahat. Mereka bermain dihalaman sekolah. Bu Kristina dewi mengawasi mereka bermain ayunan.
Mrs. Kristina Dewi       :           Dipasang dulu!
Sebelah sana belum dipasang.
Dipasang dulu, nanti gentian.
Jangan rebutan ya...
Dah, gak boleh rebutan-gak boleh rebutan.
Gak boleh. Nanti ya..
Seorang anak menangis karena tidak mendapat tempat duduk di ayunan.
Mrs. Kristina Dewi       :           Gak boleh nangis. Nanti kan gentian..
                                                Tu nanti gentian.
Seorang anak hendak tutun dari ayunan.
Mrs. Kristina Dewi       :           Dah, berhenti dulu. Ada yang mau turun..
                                                Mau naik? Iya, nanti-nanti..
                                                Awas jatuh..
                                                Dila mau turun? Iya gantian..
Mau turun Dila? Gantian ya..
Mrs. Kristina Dewi       :           Dah, gantian! Gantian yuk..
                                                Siapa yang mau naik? Gantian..
Beberapa anak laki-laki berkelahi mengeroyok satu orang.
Mrs. Kristina Dewi       :           Hei, gak boleh gitu!
                                                Sama teman gak boleh gitu!
                                                Ayo lepas!

THE ANALYSIS OF TEACHER TALK

From the data have been analyzed, the researcher find that there are some characteristics of teacher talk in the kindergarten:
1.      The talk has clear separation of languages (no alteration or mixing)
Example:

2.      The talk emphasizes on comprehension, it focuses on communication by:
-         Use of demonstration, enactment to convey meaning.
Example:    Ulangi lagi. Berhitung 1 sampai 20!
Dila mau turun? Iya gantian..
Mau turun Dila? Gentian ya..
-         New information presented in context of known information.
Example:    Ini hari apa anak-anak? Iya, karena ini hari sabtu, kita tidak belajar
seperti biasanya didalam kelas. Kita belajar diluar kelas ya..
-         Heavy message redundancy.
Example:    Tepuk kuda!
                  Tepuk ganda!
                  Tepuk anak shaleh!
3.      The language used is entirely grammatical, appropriate to the activity by:
-         Using simple structure, avoiding complex structures.
Example:    Sebelum kita belajar, kita membaca doa. Doa mau belajar.
-         Repeating the use of some sentence patterns or routines.
Example:    Hei, gak boleh gitu!
                  Sama teman gak boleh gitu!
-         Using repetitiveness, using paraphrase pro variation.
Example:    Sekarang sebutkan rukun islam ada 5!
Sekarang sebutkan pancasila!
4.      The talk use tailoring of elicitation questions to allow for different levels of participation from students.
Example:          O ini, ya udah..
                                    O, sekarang Ayu..
                        Coba sekarang Dila maju..
5.      The talk has richness of language use, going beyond books, playfulness.
Example:          Dila mau turun? Iya gantian..
Mau turun Dila? Gantian ya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar